Saturday, July 27, 2019

Cara Terbaik Memulai Usaha Rumahan

Bisnis merupakan usaha yang banyak diperjuangkan orang. Banyak sekali orang yang ingin memiliki bisnisnya sendiri, tetapi terhalng oleh besarnya modal awal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah bisnis. Solusi terbaikny adalah memulai sebuah bisnis yang berbasis rumahan. Tidak perlu menyewa tempat yang mahal, anda bisa memanfaatkan area kosong yang ada dirumah seperti halaman, dapur, dan garasi untuk memulai menjalankan sebuah bisnis rumahan. Dengan memanfaatkan ruang dirumah, anda dapat menghemat biaya yang besar, sehingga modalnya dapat di alokasikan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Berikut adalh beberapa cara terbaik yang harus anda lakukan jika ingin sukses dalam merintis bisnis rumahan.

1. Mintalah Dukungan Dari Keluarga
Membuka usaha
Keluarga adalah motivasi terpenting sebelum anda memulai bisnis, apalagi jika anda baru mulai memulai bisnis. Keluarga sebagai pendukung dari segi materill dan non materill. Jika keluarga tdak mendukung bisnis anda, maka bisnis yang dijalani akan semakin sulit berkembang, buruknya bahkan menjadi gagal total karena kurangnya dukungan dari keluargamu. Oleh karenanya dalam ber bisnis, pentingnya dukungan keluarga mulai dari pertama merintis hingga sampaii sukses nanti.

2. Belajar Dan Kuasai Administrasi

Meskipun bisnis yg dijalani hanya bisnis rumahan, namun anda juga perlu menguasai ilmu administrasi meskipun hanya dasarnya. Selalu melakukan pencatatan administrasi dengan teratur meskipun nilainya terbilang sedikit/kecil dan jangan mencampur adukkan keuangan milik pribadimu dengan bisnis jika anda tidak ingin gagal. Karena salah satu hal pondasi utama untuk kelangsungan dari bisnis yg akan kamu jalani agar bisa sukses yaitu masalah administrasi.

3. Hindarkan Pikiran Dari Kegagalan

Sukses atau gagal sudah pasti menjadi pilihan dalam berbisnis. Seorang pembisnis sejati tidakkan pernah merasa takut gagal, meskipun masih pemula. Jika dari awal anda sudah merasa tdak yakin atau enggan dengan bisnis yang dijalankan, maka bisa di pastikan kedepannya bisnismu akan mengalami suatu kegagalan. Mental pembisnis biasanya menjadi kuat seiring berjalan nya waktu seiring mengahadapi rintangan, butuh proses yg panjang agar dapat meraih kata sukses. Jadi, tanyakan kepada diri anda, kuat mana antara berpikir sukses dan gagal sebelum memulai bisnis anda.

4. Tentukan Visi Dan Misi Bisnis Anda

Menentukan visi dan misi sangat penting untuk menentukan arah tujuan bisnis anda kedepannya, walaupun hanya bisnis rumahan, tetapi Anda juga harus menentukan dan menyusunnya dengan jelas. Sehingga saat bisnis berjalan, akan ada tujuan jelas yang akan dicapai kedepannya, harus mempunyai target, jangan asal asalan ya. Tanpa adanya visi dan misi, apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi sulit untuk di capai nantiya.

5. Hitung Kebutuhan Modal Untuk Bisnis Anda

Sesuaikan modal yang anda punya dengan bisnis yang ingin anda buka. Anda tidak akan bisa menjalankan bisnis jika modal yang Anda miliki kurang atau belum cukup. Hitung secara teliti mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan, tulis dan catat kebutuhan hariannya. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan apa apa sajasyang ada di sekitar rumah untuk mulai berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.

6. Pilihlah Bidang Usaha Sesuai Passion
Poin penting dalam memulai bisnis adalah sesuai dengan passion yang Anda miliki. Kenapa harus sesuai dengan passion yang dimiliki? Karena jika dilandasi dengan passion, maka apa yang Anda lakukan akan lebih penuh semangat dan terasa lebih ringan. Saat bisnis dijalankan dengan penuh semangat, bisnis akan cepat meraih kesuksesan. Hindari memilih bidang yang tidak sesuai dengan passion. Jadi jika Anda menyukai bidang fotografer, Anda bisa membuka jasa foto di rumah, dan mulailah belajar apa yang perlu dipelajari seperti mengedit foto/video dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

7. Pilih Waktu Yang Tepat

Membangun bisnis jangan terburu-buru, karena bisnis membutuhkan perhitungan yang cermat, salah sedikit saja Anda bisa mengalami kerugian yang besar. Jika Anda salah memilih waktu, maka bisnis Anda akan mengalami kegagalan. Contoh saja saat mendekati Bulan Ramadan, yang paling tepat adalah bisnis berjualan busana muslim dan kue lebaran.

8. Tentukan Keunikan Dari Produk Anda
Produk unik
Ketika Anda sudah memulai bisnis, agar produk yang Anda miliki bisa di terima baik oleh konsumen, Anda harus memiliki produk yang unik dibanding produk sejenis. Apalagi sekarang ini persaingan semakin ketat, sehingga setiap produk yang dipasarkan harus bisa memikat dan menarik hati pelanggan. Selain itu, dengan menggunakan produk yang unik, brand Anda akan lebih mudah diingat oleh para konsumen/pembeli.

9. Lakukan Promosi Yang Sesuai dan Tepat
Promosi adalah hal wajib yang harus Anda lakukan untuk mengenalkan produk ke calon pelanggan. Semakin sering Anda melakukan promosi, produk anda akan semakin dikenal oleh pelanggan. Dalam hal promosi, agar tidak terlalu banyak uang yang dikeluarkan, maka target promosi haruslah tepat.

10. Berikanlah Yang Terbaik

Pepatah mengatakan bahwa pembeli adalah raja. Maka sudah sepantasnya Anda memberikan yang terbaik untuk pembeli agar mereka merasa puas dan senang dengan pelayanan yang diberikan. Jika pembeli merasa puas maka nanti biasanya mereka akan datang kembali dan menyarankan kepada orang lain untuk datang ke bisnis yang Anda miliki.

Setelah melakukan semua cara di atas untuk memulai bisnis rumahan, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah pengelolaan keuangan dengan tepat sehingga bisnis akan semakin berkembang dan sukses.

0 comments:

Post a Comment