Monday, July 29, 2019

Cara Mengobati Sakit Gigi Di Rumah Dengan Tuntas

cara mengobati sakit gigi

Sakit gigi?? Siapa sih yang ga pernah ngerasain sakitnya sakit gigi? Banyak yang bilang "sakit gigi lebih sakit dibandingkan sakit hati" (hahaha), kenapa demikian?? Karna sakit gigi tidak bisa hilang hanya dengan menangis dan curhat ke temen sebelah, tetapi harus diobati baik dengan obat konvensional ataupun herbal alias ala ala sendiri :D . Mau tau obat ala ala sendiri yang dimaksud bagaimana? Simak beberapa cara dibawah ini!

Berbagai Cara Mengobati Sakit Gigi Di Rumah

Sakit gigi atau disebut juga Nekrosis Pulpa merupakan sakit pada bagian dalam atau sekitar gigi yang terasa nyeri dan terjadi peradangan, biasanya hal ini terjadi karena kerusakan pada gigi atau infeksi gigi. Tidak hanya itu, sakit gigi dapat juga disebabkan oleh hal lainnya, seperti menggit benda keras, terdapat sesuatu yang mengganjal disela gigi, dan hal lainnya. Pengobatan untuk mengurangi rasa sakit yang umumnya dilakukan orang yaitu dengan mengkonsumsi obat konvensional yang bisa dibeli di toko obat atau apotik, seperti asam mefenamat, kalium diklofenak, dan lain-lain. Namun jangan khawatir, jika anda tidak sempat atau malas keluar rumah untuk membeli obat atau pergi ke dokter, anda bisa melakukan hal berikut sebagai cara alternatif untuk mengurangi sakit pada gigi.

1. Kumur Air Garam

mengobati sakit gigi

Berkumur menggunakan air garam adalah salah satu cara yang paling ampuh dan cepat dalam mengurangi sakit gigi, cara ini sudah lama digunakan oleh orang. Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup dengan melarutkan 1/2 sendok garam ke dalam segelas air hangat. Bersihkan gigi terlebih dahulu dari sisa makanan, lalu kumur air garam dalam mulut anda selama beberapa saat, fokuskan pada bagian yang paling sakit tetapi tetap merata, lalu buang air kumuran tadi.
Garam pada air akan menyerap kelembaban mulut anda dan membantu dalam membunuh bakteri penyebab nekrosis pulpa/sakit gigi dan mengurangi peradangan yang terjadi sehingga mengurangi nyeri pada gigi.

2. Kompres Dengan Es

cara mengobati sakit gigi

Cara Kompres ini cukup sederhana, anda hanya butuh Es batu dalam ukuran kecil, lalu masukkan ke dalam plastik, kemudian lapisi dengan kain tipis dan lembut.
Tempelkan kompres ke bagian pipi yang sakit selama waktu yang diperlukan, direkomendasikan sekitar 10 - 15 menit. Atau anda juga bisa menempelkan es langsung ke gigi yang sakit, agar gigi kebas dan mengurangi nyeri pada gigi.
Seperti halnya saat mencabut gigi di dokter, Es menjadi alternatif dokter sebagai pengganti obat bius, karna efek beku yang disebabkan oleh es dapat membuat bagian yang di tempelkan tidak atau lambat dalam merespon rasa sakit.

3. Minyak Cengkeh


cara mengobati sakit gigi

Minyak Cengkeh adalah salah satu alternatif untuk mengurangi rasa sakit gigi, minyak ini sudah lama digunakan untuk mengurangi sakit karena dalam minyak ini terdapat kandungan eugenol sebagai zat anestesi yang dikabarkan dapat mematikan syaraf sementara.
Namun anda perlu hati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh, jika menetes pada bagian lidah atau gusi yang sensitif akan membuat sakit semakin parah. Cara amannya adalah dengan membasahi bola kapas dengan minyak cengkeh, lalu menempelkan bola kapas pada gigi yang sakit.
Selain minyak cengkeh, anda juga bisa menggunakan bubuk cengkeh dan letakan pada bagian gigi yang sakit. Tetapi jangan terlalu sering menggunakan cengkeh untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, cukup lakukan seperlunya saja.

4. Daun Jambu


cara mengobati sakit gigi

Daun Jambu merah tenyata memiliki kandungan yang dapat bermanfaat sebagai obat anti radang, anti mikroba, dan pereda nyeri, yang dapat anda gunakan untuk mengurangi sakit gigi.
Caranya cukup mudah dan cepat, ambil 2 lembar daun jambu merah, lipat dan masukkan ke dalam mulut, lalu kunya daun tadi hingga sari dari daun tersebut keluar. Kemudian ambil sari tadi dari lidah anda menggunakan jari, lalu oleskan ke bagian gigi yang sakit.
Jika anda enggan melakukan cara diatas, anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan merebus daun jambu merah 4-5 lembar dan tambahkan 1/2 sendok garam, setelah mendidihkan, angkat dan dinginkan air rebusan, setelah dingin berkumurlah dengan air tersebut sama seperti menggunakan garam.

5. Obat Konvensional

Jika sakit pada gigi terlalu parah dan tidak tertahankan lagi dan sangat mengganggu aktivitas anda, serta cara diatas tidak ampuh atau mempan lagi, saya sarankan gunakan obat konvensional yang dijual di apotik atau toko obat, atau anda bisa berkonsultasi pada dokter. Sehingga anda bisa tahu lebih jelas mengenai penyebab sakit pada gigi anda.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan di rumah untuk mengurangi rasa sakit pada gigi anda.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi dan orang disekitar anda, silahkan share ke orang disekitar anda, dan tinggalkan komentar dibawah untuk tanggapan anda mengenai artikel saya, Terima Kasih :)

1 comment: