Friday, July 26, 2019

Cara Simpel Memperbaiki Tas Yang Rusak

Sedih dan kecewa banget ga sih ketika kita mau menggunakan tas kesayangan kita, tapi setelah dilihat lagi, ternyata tasnya terkelupas?!? Biasanya hal seperti ini terjadi karena kamu kurang benar dalam meletakan atay menyimpan tas kesayanganmu, sehingga lapisan tas mu pun jadi terkelupas.
Terus gimana donk klo sudah terlanjur terkelupas, ga bisa dipakai lagi donk tasnya? Eitss, sabar dulu, bukan berarti tasnya tidak bisa di pakai lagi loh! Tas kamu masih bisa di perbaiki bahkan dimodifikasi sehingga terlihat layaknya tas baru lagi loh. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk baca cara simpel memperbaiki tas dibawah ini!
Tas kesayangan
Cara Simpel Memperbaiki Tas Yang Rusak Atau Terkelupas
1. Keringkan
Perhatikan tas kamu, jika tas kamu terkelupas dikarenakan udara lembab atau terkena air (basah), segera keringkan tas kamu terlebih dahulu, bisa di hair dryer atau dijemur tapi jangan dibawah matahari langsung, nanti kering kerontang tasnya. Lap secara pelan pada tas menggunakan kain lap kering yang lembut dan bersih.
2. Minyak Kayu Putih
Setelah tasnya kering, bersihkan terlebih dahulu tas kamu sebelum memperbaiki bagian yg terkelupas. Minyak kayu putih merupakan “resep turun-temurun” dari orang tua jaman dahulu untuk membersihkan barang, termasuk tas.
Minyak kayu putih memang memiliki aroma, tetapi tidak akan merusak warna dan tekstur tas kamu. Tuang minyak kayu putih diatas kain lap yang halus atau tisu, sedikit sedikit. Lalu, gosoklah permukaan tas kamu perlahan-lahan aja dengan gerakan searah supaya bagian yang rusak atau terkelupas tidak terangkat.
3. Pasta Gigi
Selain minyak kayu putih, ternyatat kita juga dapat membersihkan tas menggunakan pasta gigi loh. Pasta gigi jenis dan merk apa aja juga bisa. Sebaliknya yang perlu kamu perhatikan adalah sikat gigi yang kamu gunakan untuk menyikat. Sebaiknya gunakanlah sikat gigi yang bulunya halus, karna bulu sikat yang kasar bisa merusak permukaan tas kamu lebih parah lagi. Tetapi langkah ini bisa kamu skip jika tidak ingin bagian tas yang rusak atau terkelupas ikut terangkat.
4. Lem
Jika tas kamu sudah bersih, sekarang saatnya pemulihan tasmu! Cara memperbaiki tas terkelupas yang pertama adalah dengan cara merekatkannya kembali pakai lem. Bagian tas yang terkelupas di rekatkan kembali menggunakan lem. Jika bagian pada tas kulitmu yang terkelupas masih sedikit, gunakan cotton bud atau bisa juga alat lain untuk meratakan lem. Jika ada bagian lem yang nimbul keluar, kamu bisa gunakan "amplas" untuk meratakan lem yg keluar, tapi pelan pelan aja, jangan sampe merusak bagian tas.
5. Mengecat Tas
Akhirnya sebentar lagi tas kamu seperti baru lagi loh! Udah siap merayakan kembalinya tas kamu? Ini adalah tahapan terakhir memperbaiki tas kamu yang terkelupas. Kamu cukup mewarnai tas kamu pada bagian yang warnanya tidak sama (bisa jadi karna lem tadi), kamu bisa gunakan spidol warna, tetapi spidol hanya dapat digunakan sementara/cepat pudar.
Kamu juga bisa gunakan semir sepatu, jika warna tas mu sesuai dengan warna semir sepatu. Menggunakan semir lebih tahan lama dibandingkan spidol, tetapi hati hati, semir sepatu dapat luntur dan dapat mengenai pakaian kalian!
Dari kedua cat diatas, yang paling saya rekomendasikan adalah menggunakan cat khusus tas. Cat ini lebih tahan lama dan aman digunakan. Kamu bisa mengecatnya tipis dulu untuk lapisan pertama, setelah kering kamu cat lagi sampai mendapatkan warna yang kamu inginkan.
Untuk mendapatkan informasi mengenai cat tas apa yang bagus dan dapat dibeli dimana saja, kamu bisa klik berlangganan pada blog ini, dan kamu akan mendapatkan pemberitahuan terbaru tentang blog ini.
*Alternatif*
6. Hias Tas
Jika tas kamu sudah tidak “terselamatkan” lagi, kamu bisa menghiasnya untuk menutupi bagian tas yang terkelupas. Tuangkan kreativitas untuk mengobati "sakit" pada tas kamu. Kamu bisa menutupi bagian yang mengelupas mengunakan bros, kain, pita, atau terserah apa yang mau kamu pakai. Cara ini tidak hanya menjadi jawaban dari masalah kamu, tetapi juga membuat kamu seperti memiliki tas yang baru.
7. Tempat Reparasi
Jika kondisi tas kamu yang terkelupas sudah tergolong parah banget, ancur dah, langkah yang paling tepat yaitu dengan membawa tas kamu ketempat reparasi profesional. Orang disana pasti tahu banget cara memperbaiki tas kamu yang terkelupas. Sekalian kamu tanya cara merawat tas kamu yang paling tepat :D .
Tempat reparasi tas
Ya, itu dia cara simpel memperbaiki tas yang terkelupas atau rusak dari Bacaan Santai. Untuk perawatan selanjutnya, hindrkan tas kamu dari panasnya sinar matahari langsung dan juga air, apalagi di rendam ya, jangan. Lalu, simpan tas kamu diruangan yang cukup (usahakan jangan ditumpuk), lalu usahakan juga sirkulasi udaranya bagus tidak ada kendala. Selamat mencoba guys and girls 😀

0 comments:

Post a Comment