Saturday, August 10, 2019

Cara Membuat Halaman Bisnis Di Facebook

Facebook merupakan penghasil lalu lintas online yang besar sekitar 70% melalui Internet, menyangkut jejaring sosial. Seperti Instagram, Twitter, dan jaringan lainnya. Itulah alasan mengapa penting sekali untuk perusahaan kecil dan juga mereka yang memiliki rencana untuk terlibat didalam wirausaha dapat memiliki halaman mereka sendiri. Bila kalian tidak punya Facebook, mungkin sekaranglah saatnya untuk membuatnya sehingga kamu bisa mengatur halaman bisnis kamu.

Cara Membuat Halaman Bisnis Di Facebook

cara membuat halaman bisnis di facebook

Membuat halaman bisnis untuk jualan, kerajinan, perusahaan ataupun brand/merek yang kamu coba buat tidak sulit. Dengan kata lain, Facebook membuat kalian selangkah demi selangkah melewati proses ini, postingan kali ini saya akan membahas hal tersebut.

Ketika kalian membuat halaman bisnis, sangat penting bagi kalian secara teratur dan rutin memposting sesuatu, melakukan interaksi dengan pelanggan yg tertarik dengan layanan yang kalian berikan. Facebook dapat menjadi teman yang baik bila kalian tahu cara untuk menggunakan nya.

Apalagi dengan beberapa postingan berbayar yang dapat menjangkau lebih banyak orang. Cukup dengan $10 sampai $20, kalian bisa “beriklan” pada sekitar 5.000 pengguna atau akun Facebook yang luar biasa. Mengenai periklanan dan pemasaran, akan saya bahas di artikel berikutnya. Pertama ayo kita lihat bagaimana cara mensetting halaman bisnis di Facebook.

Bagaimana cara membuat Halaman bisnis?
Untuk memulai membuat halaman bisnis di Facebook, kalian harus mempunyai akun Facebook kalian sendiri. Jika kalian tidak mempunyainya, kalian harus membuatnya. Setiap halaman bisnis akan di tautkan ke akun pribadi dilatar belakang karna seseorang harus menjadi pemilik halaman bisnis itu. Setelah kalian memiliki akun Facebook, lanjutkan langkah dibawah.

Masuk ke situs Facebook dan buka facebook.com/business , kemudian klik tombol ”Buat halaman “. Facebook akan meminta kalian untuk memilih diantara 2 opsi, yaitu: ”Bisnis atau merek ” atau ”Tokoh masyarakat atau public “. Pilihlah opsi yang pertama dan click “Mulai” dibawahnya.Pertama, kalian perlu memberikan nama untuk halaman kalian dan memilih kategori apa yang sesuai oleh halaman bisnis kalian. Mulailah mengetik pada bidang yang kalian hadapi, lalu pilih salah satu pilihan dari menu tarik -turun.

Bergantung dari kategorinya, proses ini berlahan berubah. Misalnya, bila kalian memilih ingiin membuat halaman bisnis tempat makan/restoran , pihak Facebook akan meminta kalian untuk mengisi informasi seperti nama restoran, waktu, situs web, dan lainnya. kalian tidak diharuskan menjawab semuanya, tapi berikanlah informasi yang akurat serta bermanfaat. Saat kalian selesai mengisi, tekan Lanjutkan.

Kalian selanjutnya akan diarahkan untuk menambahkan foto profil. Jika kalian tidak tahu ukuran gambar atau foto apa yang “diperlukan”, kalian dapat membacanya di panduan. Upload gambar, spanduk, logo atau apapun yang kalian mau. Ini adalah peluang yang bagus untuk memulai menggunakan gambar/logo yang Anda buat. Bila kalian tidak mau memberikan gambar atau logo apa pun saat mendaftar, tekan tombol Lewati. Dengan begitu kalian masih dapat menambahkan ” foto sampul ” serta memberikan informasi mengenai bisnis kalian, apa yang kalian tawarkan sebagai layanan kalian, apa yang kalian jual, dimana pengguna bisa melihat layanan kalian, dan lainnya.

Dengan klikan terakhir, kalian akan menerbitkan situs kalian. Selamat, kalian baru aja membuat halaman bisnis untuk bisnis kalian.

Sesuaikan halaman bisnis kalian
Kalian telah melalui langkah pertama, akan tetapi ada satu hal lagi yang perlu dilakukan, yaitu menyesuaikan halaman yg baru kalian buat. Segera stelah kalian meng klik “terbitkan” dan kalian membuat halaman bisnis, Facebook akan membawa kalian ke ” dasbor“, tempat kalian bisa menyesuaikan halaman kalian . Ini adalah detail yg harus kalian setel dan masukan. Atau, kalian bisa mengakses “dasbor ” ini dari menu drop-down dibagian atas layar ( sisi kanan atas).

Pertama, kalian bisa menyembunyikan halaman kalian jika kalian merasa belum siap untuk menonton di siang hari. Tekan ”Visibilitas Halaman ” lalu hapus – “batalkan publikasi”. Tetapi jangan lupa untuk kembali saat kalian mengisi detailnya.
Namuun, hal pertama yg harus kalian lakukan yaitu memilih nama penguna yang cocok untuk situs kalian. Nama ini haruslah unik dan akan menjadi bagian dari URL yg akan mengarahkan kalian ke situs bisnis kalian. Jadi nama itu akan menjadi milik kalian ketika kalian memilih nama pengguna kalian. Ambil sesuatu yg relatif pendek, mudah di tulis dan apa yg mudah diingat orang. Yang terbaik adalah menggunakan nama perusahaan atau nama merk produk kalian.

Hal selanjutnya yang akan kalian tambahkan adalah membuat deskripsi singkat. Bayangkanlah ini sebagai “nada” singkat dimana kalian menjelaskan kepada seseorang apa yg kalian lakukan atau apa yg kalian tawarkan sebagai layanan kalian. Klik ” Tambahkan Deskripsi Singkat  ”, jelaskan apa saja yang kalian lakukan. Setelah melakukan nya, kalian akan di undang untuk mengklik ” Edit Info Halaman ” untuk menambahkan informasii lebih lanjut.

Disini kalian bisa menambahkan informasi bermanfaat lainnya mengenai bisnis kalian seperti nomor telepon, alamat fisik, email, situs web, lokasi pada peta, waktu kerja dan sebagainya. Informasi  yang tidak ada atau kalian tidak dapat memberikannya, lewati aja.

Menambahkan tombol ke halaman kalian
Beberapa halaman bisnis mengunakan ” tombol tambahan ” untuk mengarahkan pengguna Facebook kesitus web mereka atau, toko online mereka. Tombol ini sering kali berwarna berapi api dan sering muncul di sana untuk di lihat pengguna, terlepas dari apakah pengguna mengunjungi situs kalian di desktop atau ponsel. Untuk menambahkan tombol, kalian dapat mengklik pada ” + Tambahkan tombol ” diatas gambar sampul kalian. Tidak semua tombol dapat cocok untuk semua bisnis, tapi ini lah yang dapat kalian pilih:
§  Membuat reservasi dengan kalian : bila bisnis kalian membutuhkan syarat reservasi
§  Hubungi kalian : kalian bisa memilih di antara dua tombol – Panggil sekarang dan Daftar. Tombol ini bisa mengarah ke situs web atau nomor telepon
§  Pelajari lebih lanjut mengenai bisnis kalian: bagus untuk meng arahkan ulang ke situs web kalian
§  Berbelanja dengan kalian : jika kalian mempunyai toko online, maka pindahkan toko itu ke halaman bisnis kalian

Kalian bisa menambah kan beberapa tombol standar yg bisa mengarahkan pengguna ke tempat tertentu bila mereka mengkliknya. Sekalii lagi, tombol tombol ini tidak cocok dngan semua orang dan kalian bebas untuk menghapusnya untuk saat ini.

Buat postingan pertama kalian ke halaman bisnis, karena kalian bisa memposting di profil pribadi kalian, kalian juga bisa “membuat” halaman yang kalian buat. Cukup klik ”Buat posting “, pilih sesuatu yg ingin kalian posting, tulis postingan dan posting. Kalian tidak perlu tahu ataupun melakukan sesuatu yg istimewa. Penting bagi kalian untuk berinteraksi secara teratur dengan orang yang mengunjungi halaman bisnis kalian dan menjawab pertanyaan mereka. Komunikasi yg baik dengan pengguna Facebook merupakan hal penting bagi perusahaan / kerajinan / merek kalian.

Facebook sangat bagus untuk bisnis
Sosial media bisa melakukan hal luar biasa bagi perusahaan kalian, tetapi kalian tidak
perlu meletakan semua telur di keranjang yang sama. Artinya, Facebook hanya bagian dari apa yg harus kalian lakukan , bukan satu satunya hal. Facebook merupakan jejaring sosial terbaik dan juga paling berpengaruh, tetapi banyak juga orang yang menggunakan social media lain seperti Instagram, Pinterest, Twitter, Snapchat dan lainnya.
Jadi gunakanlah Facebook sebaik mungkin, dan baca artikel mengenai cara beriklan di Facebook serta cara untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna lainnya di jaringan ini. Tetapi jangan pernah abaikan aspek dari pemasaran lainnya.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian ya J


2 comments:

  1. wah lumayan buat naikin brand juga bisa ya

    ReplyDelete
  2. Bisa banget mas, monggo dicoba, klo untuk lirik lagu coba bikin fans page mas, lumayan bisa di ads juga :)

    ReplyDelete